WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Merawat Laptop Menggunakan Baik Agar Permanen Awet

Walaupun ketika pakainya nir sesingkat smartphone, tetapi laptop jua permanen sebagai galat satu perangkat elektronika yg paling seringkali diganti. Selain adanya versi baru yg kualitasnya lebih baik, alasan lain buat membeli laptop baru adalah lantaran laptop lamanya mengalami kerusakan. Banyak hal yang mengakibatkan laptop cepat rusak, galat satunya adalah cara merawat laptop yg nir sahih.


Ya, sampai saat ini poly orang yang belum mengetahui cara perawatan laptop yang baik & sahih sehingga perangkat yang mereka miliki akan cepat rusak. Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas lima langkah gampang dalam merawat laptop agar sanggup bertahan lebih usang & tidak mudah rusak.

Cara Merawat Laptop Menggunakan Baik Agar Permanen Awet

Cara Merawat Laptop Menggunakan Baik Agar Permanen Awet


1. Gunakan laptop secara hati-hati

Laptop merupakan perangkat yg sangat rapuh sehingga komponennya akan mudah rusak apabila terjatuh, terbentur, & lainnya. Beberapa komponen memang bisa diganti, tetapi bila yg mengalami kerusakan itu hard disk maka secara otomatis data yang Anda miliki pula akan hilang & tentunya nir sanggup diganti.


Komponen lainnya yg relatif ringkih merupakan monitor. Jika monitor laptop mengalami kerusakan, maka tidak sedikit porto yang harus dikeluarkan buat memperbaiki atau merubahnya. Oleh karenanya, selalu berhati-hatilah saat menggunakan laptop atau membawanya pulang agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan tersiram cairan.


2. Bersihkan laptop secara teratur

Cara merawat laptop selanjutnya merupakan menggunakan membersihkan komponennya secara terpola. Komponen yang harus untuk selalu dibersihkan adalah fan atau kipas karena komponen tersebut merupakan loka berkumpulnya debu dan kotoran. Jika debu tadi sudah terlalu poly, umumnya kipas nir akan berfungsi dengan baik sebagai akibatnya laptop Anda cepat panas & sering mati secara datang-tiba.


Membersihkan fan laptop memang relatif sulit karena Anda harus membongkarnya. Oleh karenanya, mintalah orang yang telah pakar atau membawanya ke tempat servis buat membersihkan kipas tadi. Selain kipas, komponen lainnya misalnya keyboard, monitor, & lainnya jua wajibdibersihkan secara teratur agar tidak cepat rusak.


3. Pilih sistem operasi yg cocok

Banyak orang mengubah laptop lantaran laptop yang mereka miliki bekerja dengan sangat lambat. Selain disebabkan sang faktor usia hardware, hal tersebut umumnya juga terjadi lantaran pengguna memasang sistem operasi yang tidak cocok dalam laptopnya. Sebagai contoh, laptop tua dengan RAM sebanyak 512 MB tentu nir akan cocok buat menjalankan Windows 7 ataupun Windows 8.


Oleh karena itu, apabila laptop Anda memiliki spesifikasi pas-pasan, pilihlah Windows XP yang lebih ringan daripada Windows terbaru. Jika khawatir dengan keamanan Windows XP, gunakanlah distro Linux yang seperti Windows XP. Anda pula bisa membaca trik mempercepat booting Windows 8 apabila laptop Anda telah memakai Windows 8 atau Windows 8.1.4. Lakukan update aplikasi dan sistem operasi


Cara merawat laptop berikutnya merupakan dengan memperbaharui aplikasi dan sistem operasi yang Anda pakai. Walaupun tidak terdapat aplikasi & sistem operasi yg paripurna, tetapi dengan melakukan update maka Anda sanggup meminimalisir banyak sekali masalah performa serta keamanan yang dapat membahayakan laptop Anda.


4. Upgrade hardware laptop

Bagi kebanyakan orang mengubah komponen perangkat keras (hardware) adalah hal yg mustahil. Tetapi hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan menggunakan gampang lantaran telah banyak komponen laptop yang dijual bebas di pasaran waktu ini. Anda bisa menggunakan gampang mengganti RAM, hard disk, atau bahkan monitor laptop yang mengalami kerusakan.


Jika Anda mengetahui komponen mana yg telah kurang baik performanya, maka Anda bisa dengan gampang membarui komponen tadi tanpa harus menjual laptop kesayangan Anda. Hal ini pula secara otomatis akan menambah masa pakainya sebagai lebih lamalagi.


Itulah beberapa langkah mudah buat menjaga laptop Anda supaya tidak cepat mengalami kerusakan. Apakah Anda memilih cara merawat laptop yang lainnya? Silahkan bagikan dengan pembaca lain di kolom komentar pada bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar