WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Jauhkan cairan apa pun menurut laptop. Mungkin Anda tergoda buat menikmati kopi, soda, air atau minuman lain di dekat laptop, namun kecelakaan mampu terjadi kapan saja. Untuk mencegah hal yg nir diinginkan, pakai cangkir yg dilengkapi tutup. Jadi, jika cangkir terguling, isinya tidak tumpah ke mana-mana. Cairan yang tumpah di atas laptop bisa Mengganggu komponen mikroelektronika internal atau mengakibatkan kerusakan listrik. Korsleting bisa menghambat data atau bahkan menghancurkan komponen laptop secara permanen. Solusinya sangat sederhana: Jauhkan minuman berdasarkan laptop. Meskipun Anda sudah berhati-hati, orang lain mungkin saja nir sengaja menumpahkannya.


Menginstal aplikasi antivirus adalah pertahanan terbaik terhadap virus. Meskipun Anda tahu berkas yg ingin diunduh, sanggup saja berkas itu mengandung virus. Laptop yang nir dilindungi antivirus berisiko mengalami kesalahan sirkuit atau perkara software. Virus pula bisa memperlambat operasi & performa sistem.


Jauhkan kuliner berdasarkan laptop. Jangan makan di atas laptop. Remah-remah kuliner mampu jatuh di sela-sela tombol & mengundang serangga miniatau menghambat sirkuit. Lebih tidak baik lagi, laptop akan terlihat jorok menggunakan remah-remah kuliner yang bertebaran pada atasnya.


Jangan memakai laptop di ruangan tempat hewan peliharaan keluar masuk. Bulu & rambut binatang sanggup menyusup ke dalam mesin internal & mengakibatkan kerusakan. Selain itu, hewan yang lebih akbar (contohnya anjing) dapat Mengganggu laptop secara tidak sengaja dengan mendorong atau menyenggolnya menurut meja/dudukannya waktu sedang lewat, mengibas-ngibaskan ekor, tersandung kabel, & sebagainya.


Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Cara Merawat Laptop Dengan Baik


Sebaiknya, simpan laptop di loka yang higienis & bebas debu.

Pastikan tangan dalam keadaan higienis sebelum memakai laptop. Tangan yg bersih memudahkan Anda menggunakan touchpad & mengurangi risiko meninggalkan kotoran atau noda lain pada laptop. Selain itu, membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop akan mengurangi keausan pada lapisan luar laptop akibat goresan dengan keringat & partikel miniyg bisa mengikis permukaan laptop.


Lindungi layar monitor LCD. Saat Anda menutup laptop, pastikan tidak terdapat benda kecil, misalnya pensil atau earphone mini, pada atas kibor. Benda-benda kecil ini bisa merusak layar monitor jika Anda menutupnya tanpa menyingkirkan benda-benda tadi; layar akan tergores apabila benda tersebut keras. Tutup layar monitor dengan hati-hati sembari memegang bagian tengahnya. Menutup layar monitor dengan memegang galat satu ujungnya bisa menyebabkan tekanan dalam engsel, dan seiring ketika bisa mengakibatkan engsel bengkok & patah.


Pegang & angkat laptop dengan menahan bagian dasarnya, bukan menggunakan menenteng bagian layar LCD (monitor). Mengangkat laptop dengan memegang bagian layarnya bisa Mengganggu layar itu sendiri atau engsel yg menghubungkan layar ke bagian dasar laptop. Layar jua gampang tergores atau rusak apabila mendapat tekanan pribadi. Pastikan Anda tidak memberikan tekanan dalam layar LCD.


Jangan menarik kabel listrik begitu saja. Setelah mematikan laptop, jangan melepas kabel listrik menggunakan menariknya secara pribadi menurut stopkontak, tindakan itu mampu mengakibatkan kabel putus atau Mengganggu stopkontak. Sebaiknya Anda menarik steker buat melepas kabel listrik. Selain itu, jika kabel berada di dekat kaki, jangan hingga Anda menedangnya secara tidak sengaja. Usahakan agar steker berada pada loka yang nir memungkinkan Anda menendang/menyenggolnya lantaran steker sanggup longgar & usang-kelamaan patah.


Pastikan Anda tidak menggilas kabel dengan roda kursi. Tempelkan kabel ke meja menggunakan selotip.


Pastikan Anda menancapkan aksesori laptop ke slot yg tepat. Selalu perhatikan simbol pada laptop dengan hati-hati sebelum memasang perangkat. Menancapkan saluran telepon ke porta Ethernet atau sebaliknya bisa merusak soket sehingga nir mungkin digunakan lagi. Penting buat memperhatikan langkah ini.


Tangani kandar (drive) yg bisa dilepas dengan hati-hati. Kandar cakram padat (CD) yg dilepas menurut laptop mampu menggunakan mudah terinjak atau terjatuh. Jangan ceroboh. apabila Anda nir akan menggunakannya lagi, tambahkan ke dalam boks penyimpanan supaya aman.


Tancapkan kandar ke slot yang tepat dengan hati-hati dan pada sudut yg benar. Mendorong kandar terlalu keras sanggup membuatnya tersangkut.


Periksalah apakah label menempel dengan kondusif sebelum memasukkan media ke laptop. Pastikan tidak ada label yang longgar pada cakram padat, DVD, disket yg sanggup tersangkut pada dalam laptop. Jangan mencoba memakai cakram padat berukuran kecil karena dapat Mengganggu pemutar cakram secara permanen.


Jangan mengekspos laptop pada perubahan suhu yg ekstrem. apabila Anda membawa laptop berdasarkan tempat yg sangat dingin ke loka yg hangat, jangan eksklusif menghidupkannya. Alih-alih, tunggulah sampai laptop mencapai suhu ruangan terlebih dahulu. Tindakan ini akan mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada kandar diska dampak kondensasi yang terbentuk pada pada mesin. Hindari pula panas akibat sinar surya pribadi.


Jangan meninggalkan laptop di pada kendaraan beroda empat. Bagian pada mobil mengalami perubahan suhu yg sangat ekstrem sehingga dapat menghambat laptop. Selain itu, laptop (atau tas laptop) akan menarik perhatian pencuri yang bisa memecahkan jendela dan mengambilnya.


Pastikan laptop dibersihkan setiap tahun buat menyingkirkan debu pada dalam mesin. Mintalah bantuan pakar personal komputer , atau lakukan sendiri bila Anda mampu. Jika debu menumpuk, mesin laptop nir akan mampu mendinginkan diri menggunakan sahih. Panas mampu Mengganggu papan induk.


Jangan memberikan benda berat, seperti kitab, pada atas laptop. Bobot buku ini akan menekan layar LCD ke kibor dan lama-kelamaan akan merusaknya. Selain itu, cakram padat yang ada pada pada kandar akan terhimpit dan, pada akhirnya, akan patah.


Gunakan tas laptop dengan berukuran yg benar. Entah Anda memakai tas laptop, tas biasa, atau tas yg Anda untuk sendiri buat membawa laptop, pastikan ukurannya cukup akbar. Hal ini akan membantu mencegah laptop tergores, terhimpit atau terjatuh.


Usahakan buat menggunakan tas laptop. Banyak laptop rusak lantaran terjatuh atau terbentur. Tas laptop akan mengurangi risiko kerusakan.


Gunakan dan simpan laptop di tempat menggunakan ventilasi yg baik. Jika ingin memakai laptop, pastikan Anda memilih tempat menggunakan sirkulasi udara yg baik. Banyak orang mengalami kerusakan laptop karena menggunakannya pada loka tertutup sehingga laptop sebagai terlalu panas.


Gunakan sikat gigi usang buat membersihkan area pada lebih kurang sekat kipas pembuangan. Jika sekat tertutup debu, aliran udara akan terhambat & mesin laptop menjadi terlalu panas.


Cobalah menaruh laptop pada atas permukaan yg datar & bersih. Tindakan ini akan mencegah kerusakan laptop. Mungkin sulit menemukan bagian atas datar jika Anda ingin bekerja di luar tempat tinggal, namun usahakanlah.


Jangan menggunakan laptop pada atas tempat tidur. Jika Anda monoton menggunakan laptop di loka tidur, kipas akan menyedot debu dan kotoran dari loka tidur yg dalam akhirnya akan menghalangi kipas.


Periksalah laptop dan pastikan nir terlalu banyak peranti lunak dan bloatware yang terinstal pada laptop lantaran akan menghabiskan memori berharga yang dibutuhkan buat bermain gim atau melakukan pekerjaan krusial.


Pastikan saat mengunduh berkas menurut situs web, Anda nir ikut mengunduh berkas penginstal yang nir diinginkan karena berkas semacam itu umumnya dibuat buat menginstal peranti lunak yang tidak diinginkan dan diberikan sebagai peranti lunak perdeo buat menyediakan berkas yang Anda butuhkan.


Akan lebih baik bila Anda memakai peranti lunak pembersih data seperti TuneUp Utilities atau CCleaner, & sebagainya buat memonitor laptop dari program tidak perlu yg ikut terinstal selama Anda melakukan berbagai kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar